Syarat Tumbuh Tanaman Karet

Syarat Tumbuh Tanaman Karet

Syarat Tumbuh Tanaman KaretJumpa lagi bersama SawonBudidaya, untuk kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa hal penting sebelum membudidayakan tanaman karet. Kita ketahui Indonesia masyarakatnya dominan bekerja sebagai petani dan salah satunya adalah petani karet. Baiklah kami akan menjelaskan apa itu karet dan syarat tumbuh tanaman karet, Karet adalah tanaman perkebunan tahunan berupa pohon batang lurus. Pohon karet pertama kali hanya tumbuh di Brasil, Amerika Selatan, namun setelah percobaan berkali-kali oleh Henry Wickham, pohon ini berhasil dikembangkan di Asia Tenggara, di mana sekarang initanaman ini banyak dikembangkan sehingga sampai sekarang Asia merupakan sumber karet alami. Dibawah ini adalah Syarat Tumbuh Tanaman Karet yaitu :

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kentang

 

Syarat Tumbuh Tanaman Karet

Baiklah dibawah ini adalah beberapa hal penting sebelum melakukan budidaya karet diantara Iklim dan tanah.

 

Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Tanaman Karet

Untuk syarat tumbuh tanaman karet pertama adalah iklim, pengertian dari iklim sendiri adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi. Kenapa hal ini sangat perlu diperhatikan? Kita ketahui semua tanaman tentu memiliki kriteria berbeda mengenai iklim atau cuaca dan disini kami akan menjelaskan kriteria yang tepat untuk budidaya karet. Tanaman karet mampu tumbuh dengan maksimal apabila ditanam pada daerah dengan letak astronomis atau titik koordinar 15 derajat LS sampai 15 derajat LU. Jika penanam atau budidaya karet dilakukan diluar titik tersebut maka proses pertumbuhan serta produktivitasnya akan kurang atau lambat.

 

Selain dari titik koordinar, hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan dari iklim adalah curah hujan. Karet akan tumbuh secara maksimal jika penanaman yang anda lakukan baik dan benar, maka dari itu pemilihan lokasi dengan curah hujan yang tetap akan membantu proses pertumbuhan karet dan produktivitas maksimal. Untuk tingkat curah hujan yang tepat dalam budidaya karet adalah 2.5000 mm sampai 4.000 mm per tahun dengan kisaran hari mencapai 100 hingga 150 HH per tahun.

Artikel Terkait :

 

Berikutnya adalah suhu atau tempertur, tanaman karet mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki suhu udara antara 25 derajat celcius sampai 35 derajat celcius. Namun masalah yang sering dihadapi petani karet adalah curah hujan yang tinggi, karena dibeberapa daerah sering terjadi hujan dipagi hari hal ini lah yang mengakibatkan tingkat suhu yang seharusnya tepat mengalami penurunan.

 

Terakhir dari iklim adalah tinggi lokasi budidaya karet, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki elevasi atau tinggi mencapai 200 sampai 600 meter diatas permukaan laut. Jika penanaman karet dilakukan pada daerah yang memiliki elevasi lebih tinggi atau rendah akan mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman karet nantinya.

 

 

Tanah Yang Cocok Untuk Budidaya Tanaman Karet

 

Syarat tumbuh tanaman karet terakhir adalah tanah, disini ada beberapa pembagian yang perlu anda perhatikan dari tanah. Pertama kami akan menjelaskan apa yang disuka dari tanaman karet, tanaman ini lebih menyukai daerah yang memiliki tanah kaya akan unsur hara sehingga bahan dari pembuatan makanan tidak perlu takut kurang dan kedalaman tanah harus lebih dari 100 meter lalu anda harus memastikan bahwa tanah itu tidak terdapat batuan yang beresiko menghambat pertumbuhan tanaman karet nantinya.

 

Selain ada beberapa hal perlu diperhatikan lagi, seperti drainase, sebaiknya sebelum melakukan penanam karet pastikan drainase lahan yang ada miliki dapat bekerja dengan baik sehingga tidak perlu akan terjadi sesuatu yang membahaya atau dapat mengkibatkan kematian pada tanaman karet nantinya.

 

Dan untuk masalah kadungan yang terdapat pada tanah adalah terdiri dari 35% liat dan 30% pasir, kedalaman gambut tidak lebih dari 20 cm, pH tanah antara 4,5 hingga 6,5, kemiringan tanah kurang dari 16%, dan permukaan air tanah tidak kurang dari 100 cm.

 

Sekian informasi dari kami mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Karet, semoga artikel dapat bermanfaat bagi anda semua dan kami juga berharap kepada pembaca untuk memberikan saran serta kritik demi memperbaiki tulisan ini dan juga tulisan yang akan kamu update selanjutnya terima kasih.

 

Artikel Terkait :

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*