Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao – jumpa lagi bersama kami sawonbudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tanaman kakao, tentunya tanaman yang satu ini tidaklah asing lagi dan lebih dikenal dengan nama coklat, tanaman kakao banyak diminati oleh masyarakat karena rasa yang sedikit unik yaitu manis dan keasaman, biasanya masyarakat memakan kakao dengan cara mengemutnya atau diolah lebih lanjut. jika anda berminat akan budidaya tanaman kakao, disini kami akan menjelaskanya tentang syarat tumbuh tanaman kakao tentu terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh sesuai keinginan, hal penting dalam syarat tumbuh tanaman membutuhkan ikim, ketinggian tempat , curah hujan dan tanah. Sebelum lanjut tahap-tahap syarat tumbunya gak ada salahnya  bila anda mengetahui tentang  kakao terlebih dulu sekiranya bisa membantu anda yang akan memulai budidaya kakao.

Keunggulan tanaman kakao dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan serta harga jualnya pun cukup tinggi dan inilah peluang besar jika anda akan membudidayakan tanaman kakao  sebagai bisnis berprospek menjanjikan seperti yang kami bahas diatas tadi, kenapa kami membahas ulang kata-katanya sebab didalam artikel yang kami tulis sehingga anda dapat mudah memahami  yang akan memulai budidaya tanaman tersebut, selanjutnya langsung saja akan kami jelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman kakao dibawah ini.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao 

 

Iklim yang cocok bagi tanaman kakao

Tanaman kakao mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis maupun subtropics, pada garis lintang 10 derajat LS sampai 10 derajat LU.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Ketinggian tempat yang cocok tumbuh tanaman kakao

Berikut hal terpenting yang kedua dari syarat tumbuh tanaman kakao memiliki kurang lebih tinggi 0 sampai dengan 600 meter diatas permukaan laut.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Padi

Curah hujan yang baik bagi tanaman kakao

Hal terpenting yang ke tiga dari syarat tumbuh tanaman kakao yaitu, curah hujan yang baik untuk pertumbuhan kakao berkisaran 1.500 sampai 2.500 mm pertahunya serta memiliki suhu yang ideal 30 sampai 32 derajat celcius, jika kurang dari itu maka yang dapat anda butuhkan minimum memiliki suhu 18 sampai 21 derajat celcius yang dianjurkan.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

Tanah yang cocok bagi tanaman kakao

Hal terpenting yang terahir dari syarat tumbuh tanaman kakao yaitu tanah yang memiliki kemiringan kurang lebih 45 persen dan kedalam tanah 150 cm, tekstur tanah yang baik bagi tanaman kakao gembur dan memiliki sedikit pasir yang berkisaran antara 50 persen, dan sedikit berdebu 10 sampai 20 persen, serta tanah sedikit mengandung lempung berpasir  antara 30 sampai 40 persen , selanjutnya pH tanah yang ideal yaitu 4,0 sampai 8,5; dan pH optimumnya 6,0 sampai 7,0, dari sekian perbandingan tanah dan campurannya yang kami jelaskan sehingga proses tanaman kakao dapat tumbuh dengan baik.

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Suhu atau Tenperatur yang cocok untuk budidaya kakao

Syarat tumbu tanaman kakao berikutnya adalah suhu atau temperatur, tanaman sangat menyukai daerah yang memiliki temperatur atau suhu daerah yang rendah yaitu 10°C dari yang dituntut tanaman kakao akan mengakibatkan gugur daun dan mengeringnya bunga, sehingga laju pertumbuhannya berkurang. Temperatur yang tinggi akan memacu pembungaan, tetapi kemudian akan gugur. Pembungaan akan lebih baik jika berlangsung pada temperatur 23°C. Demikian juga tempertur 26°C pada malam hari masih lebih baik pengaruhnya terhadap pembungaan dari pada temperatur 23°-30°C.

Kebutuhan Sinar matahari

Syarat tumbuh tanaman kakao selanjutnya adalah kebutuhan sinar matahari atau volume penyinaran yang baik untuk kakao, tanaman ini membutuhkan penyinaran matahari penuh hal tersebut dapat dilihat dari lokasi alami kakao yaitu tropis namun ada beberapa alhi mengatakan penyinaran matahari terlalu banyak dapat merusak pertumbuhan batang, daun sempit dan ukuran batang pendek. Pemanfaatan cahaya matahari semaksimal mungkin dimaksudkan untuk mendapatkan intersepsi cahaya dan pencapaian indeks luas daun optimum. Kakao tergolong tanaman C3 yang mampu berfotosintesis pada suhu daun  rendah.

kegunaan penyinaran matahari yang tepat tentu untuk menjaga atau menunjang proses pemasakan makan atau fotosintesis agar dapat maksimal, kegiatan pemasakan makanan merupakan salah satu bagian terpenting dari proses pertumbuhan tanaman. Apabila proses pemasakan makan rendah maka asupan makanan yang diperoleh kakao rendah hal itulah yang mengakibatkan proses pertumbuhan dan pembentukan buat tidak dapat terjadi secara maksimal.

Sekian informasi dari Syarat Tumbuh Tanaman Kakao semoga artikel yang sudah kami buat dapat membantu anda dalam memulai budidaya tanaman kakao dan dapat bermanfaat bagi anda, sekian atas perhatiannya kami sawonbudidaya mengucapkan terimakasih!!!

 

Artikel Terkait

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*