Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Demi Meningkat Hasil Budidayanya

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung –  Welcome to SawonBudidaya the best and trusted blog, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai syarat tumbuh tanaman jagung, sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya jika anda mengetahui atau memahami apa itu jagung. tanaman yang berbentuk panjang dan memiliki biji banyak serta bisa dijadikan makanan layaknya seperti jagung bakar atau sebagai campuran masak seperti sayur asam dan lainya.

Tingkat pengonsumsi jagung di Indonesia cukup tinggi, sehingga budidaya jagung dapat menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan. namun jika anda hanya berniat melakukan budidaya jagung untuk sekedar hobi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tidak ada salahnya membaca artikel ini. kami akan memberikan beberapa syarat tumbuh tanaman jagung dengan tujuan memaksimalkan hasil budidaya yang akan anda lakukan nantinya. langsung saja simak dibawah ini :

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat tumbuh tanaman jagung

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja Syarat Tumbuh Tanaman Jagung, dari iklim yang tepat, elevasi atau ketinggi tanah yang tepat dan media tanaman yang tepat yaitu :

1.Iklim yang tepat untuk budidaya jagung

Petani sebaiknya menentukan iklim terlebih dulu yang mana nantinya pertumbuhanya dapat berjalan dengan maksimal karena iklim termaksud dari sebuah proses syarat tumbuh tanaman jagung.

iklim yang cocok dari syarat tumbuh tanaman jagung yaitu daerah yang memiliki iklim tropis karena tanaman jagung menyukai daerah yang sedikit panas namun anda dapat memberi air tambahan sebagai pelembaban tanaman sebelum menanamnya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan tidak terjadi kecacatan saat masa pertumbuhanya.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Padi

Selanjutnya hal terpenting dari syarat tumbuh tanaman jagung yaitu curah hujan, agar proses tanaman bisa berjalan lancar kami sarankan untuk  memperhatikan tingkat cuarah hujan terlebih dulu karena apa? jika tanaman ini  terkena hujan berkepanjangan dapat merusak proses pertumbuhan nantinya, curah hujan yang baik bagi jagung yaitu mencapai 1000 sampai 1500 mm pertahun, hal ini dapat sesuai apa yang dibutuhkan oleh asupan tanaman tersebut.

Loading...

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

2.Elevasi atau ketinggi tanah yang sesuai

Selanjutnya dari syarat tumbuh tanaman jagung yaitu ketinggian lokasi budidaya, meskipun sebenarnya tempat yang rendah atau tinggi tidak mempengaruhi proses pertumbuhan tanam  jagung namun kami lebih menyarankan pada anda memilih daerah yang memiliki ketinggian mencapai  0-600 meter diatas permukaan laut.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

3.Media tanam yang sesuai untuk budidaya jagung 

Syarat tumbuh tanaman jagung selanjutnya media tanam, hal ini sangat penting karena yang mana jagung bisa tumbuh subur maka dari itu tanah yang digunakan harus lah memiliki tekstur gembur dan kaya akan unsur hara  agar tanaman mendapat bahan fotositensis secara maksimal. Selain itu ada hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu kadar asam tanah atau ph, sebaiknya anda menggunakan tanah yang memiliki ph antara 5,6 sampai 7,6. Untuk hasil lebih maksimal anda dapat melakukan proses pengapuran terlebih dulu agar tingkat ph lebih stabil.

Jenis Tanaman Jagung 

disini kami juga akan memberikan informasi mengenai apa saja jenis dari jagung, dibawah ini yaitu :

Berdasarkan umur penanaman jagung 

1.Umur 75 sampai 90 hari ( genjah)

Jenis tanaman jagung genjah sering dipilih oleh petani karena masa panen cepat dibandingkan jagung jenis lainnya. Hal ini karena proses penanam jagung genjah dilakukan setelah masa panen padi, maka diperlukan jenis jagung yang dapat dipanen dalam jangka waktu dekat sebelum melakukan penanaman padi selanjutnya.

2.Umur  90 sampai 120 tanaman jagung

Jenis jagung hibrida diperoleh dari perkawinan silang antara jenis jagung daerah

Tropika dan jenis jagung daerah Amerika selatan yang di publikasikan pada tahun 1983.Tanaman ini biasanya tumbuh rambut diatas umur lima puluh delapan hari dandapat dipanen sekitar umur 90 sampai 120 hari.

Jenis tanaman jagung berdasarkan bentuk biji

1.Jenis jagung mutiara

Ciri khusus dari jenis jagung ini dapat dilihat dari ukuran biji yang tidak terlalu besar dan bagian round top, hampir seluruh bagian dari biji jagung mutiara mengandung tepung yang hard. Jenis jagung ini memiliki masa panen yang lebih cepat dibadingkan jenis lainnya, dan tingkat pengonsumsinya sangat tinggi karena memiliki kualitas sangat baik untuk dikonsumsi.

2.Jenis Denct Corn

Tanaman jagung berikut adalah Denct Corn, jenis jagung ini memilki nama lain yaitu gigi kuda hal ini karena bentuk biji jagung mirip dengan gigi kuda. Warna biji denct corn adalah yellow, white and red. Tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan tongkol cukup

3.Jagung Manis (Sweet Corn)

Untuk jenis jagung selanjutnya adalah jagung manis, dari pemberian namanya saja kita sudah bisa menebaknya kalau jagung ini memilikirasa yang manis saat dikonsumsi. Hal ini karena jenis jagung ini mengadung glukosa atau kadar gula lebih tinggi dibandingkan jenis jagung lainnya.

4.Jagung pod

Jenis jagung satu ini sangat jarang ditemui karena sifatnya yang masih primitif sehingga kurang diminati petani untuk dibudidayakan. Biasanya jenis jagung memiliki ciri yang sangat mudah dilihat secara kasat mata, salah satunya adalah kulit daun atau kelobot yang membungkus buah jagung dalam ukuran kecil.

Ciri ciri Tanaman Jagung

Selanjutnya kami SawonBudidaya juga akan berbagi info mengenai apa saja ciri ciri tanaman jagung yaitu :

1.Akar tanaman jagung

Jenis akar dari tanaman jagung adalah serabut, akar serabut dibagi menjadi 3 type serabut seminal, serabut adventif dan serabut kait.

2.Batang tanaman jagung

Ciri ciri tanaman jagung kedua adalah batang dan daun,  batang tanaman ini tidak memiliki cabang, bentuk batang cylinder (Elips) dan terdiri dari ruas (bagian batang antara dua daum) serta buku ruas ( tempat melekatnya daun).

3.Daun tanaman jagung

Ciri ciri tanaman jagung selanjutnya adalah daunnya, pada umumnya tanaman jagung memiliki jumlah daun yang sama dengan jumlah buku ruas. Namun secara umum jumlah daun jagung mencapai sepuluh sampai delapan belas (10-18) helai daun

4.Bunga tanaman jagung

Ciri ciri tanaman jagung berikutnya adalah bunga, tanaman jagung memiliki bunga yang berfungsi sebagai crown (mahkota tanaman).

Nah untuk mngetahui ciri ciri tanaman jagung dan jenisnya secara detail kami akan memberikan linknya (Selanjutnya).

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Baiklah sekian informasi dari kami mengenai Syarat TumbuhTanaman Jagung, kami berharap artikel ini mampu membantu bagi anda yang membutuhkannya dan kami sangat berharap kritik serta saran anda semua agar artikel ini menjadi lebih baik lagi terima kasih.