Panduan Cara Ternak Entok Yang Baik dan Benar Bagi Pemula!

cara ternak entok

Cara Ternak EntokWelcome to SawonBudidaya the best and trusted blog, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tutorila cara ternak entok. Teknik ternak entok sebenarnya hampir sama dengan unggas pada umumnya, bahkan dapat lebih mudah. Kita ketahui entok sangat digemari karena memiliki daging yang enak sehingga banyak sekali peternak muda atau awam melakukan ternak entok sebagai ladang bisnis baru yang menjanjikan.

Cara Ternak Entok

Jika anda bertanya apakah ternak entok sulit? Menurut saya ternak entok tidak sulit bahkan sangat mudah, dengan syarat anda harus memahami teknik dari cara ternak entok yang baik dan benar. Selain karena rasa dagingnya ternyata telur dari entok sangat bergizi sehingga banyak sekali konsumen memilih mengkonsumsi telur entok dibandingkan unggas lainnya.

 

Masalah pemasaran atau penjualan entok juga cukup mudah, hal itu dikarena banyak rumah makan atau restoran yang menghidangkan masakan dengan bahan utama entok. Maka dari itu anda tidak perlu takut jika proses budidaya entok anda tidak ada pembelinya. Disini kami Sawonbudidaya akan berbagi cara ternak entok yang baik dan benar untuk orang awam atau pemula.

 

Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai cara ternak entok, ada baiknya anda mengetahui dulu jenis jenis entok yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini bisa menjadi salah satu bagian terpenting dari beternak entok, berikut ini beberapa jenis entok unggulan di Indonesia yaitu :

Artikel Terkait Panduan Cara Ternak Lele yang Baik Dan Benar Step by Step

Jenis jenis Entok Berkualitas

  1. Entok Manila

Entok manila yaitu pertama kali ada didaerah brazil, budidaya entok manila sangat cepat berkembang sehingga banyak sekali peternak awam lebih memilih jenis entok ini dibandingkan yang lainnya. Berikut ini beberapa ciri dari entok manila yaitu :

  • Lehernya tidak terlalu panjang, tetapi kuat.
  • Kepalanya besar dan berjambul.
  • Bagian pada paruh entok dan muka terdapat banyak memiliki kutil.
  • Dan itik ini memiliki bobot yang sangat berat dibandingkan entok lainya, berat mencapai 3 sampai 3,5 kg.
  • Entok ini dapat dikawinkan dengan itik Taiwan yang bertujuan dapat menghasilkan keturunan yang mempunyai daging tebal serta berat mencapai 2,5 kg sampai 3 kg.
  • Dan sayap entok tersebut menjadi kuat serta panjang sehingga entok dapat terbang dengan baik.
  • Dan entok mempunyai bulu yang cukup hitam, sebagian bulu ada yang berwarna keputihan.

 

2.Entok Branti

Selanjutnya entok branti merupakan hasil dari perkawinan silang dengan entok betina dan itik alabio, dari perkawinan silang tersebut dapat menghasilkan anak entok yang berkualitas hal itu dapat dilihat dari bobot dan daging sangat tebal.

 

3. Entok Peking

Entok peking mempunyai tekstur daging lembut dan berat sama dengan entok branti beratnya mencapai 3,5 kg sampai 5 kg.  Entok  peking ini daging berwarna kekuningan dan dagingnya tebal. Berikut ciri-ciri itik peking akan kami jelaskan dibawah ini.

  • Entok ini mempunyai leher yang lurus.
  • Punggungnya miring ke belakang sedangkan ekornya hampir tegak lurus.
  • Kakinya pendek sehingga jika berjalan perutnya sering menempel ke tanah.
  • Bulunya kebanyakan berwarna putih bersih dan halus.
  • Pada ekornya terdapat banyak bulu kapas yang halus.
  • Paruh dan kakinya berwarna kuning tua atau oranye.

 

Cara  Ternak Entok

Setelah anda memahami sedikit mengenai jenis-jenis entok unggulan, kami akan membahas kembali cara ternak entok yang baik dan benar. Dibawah ini adalah step by step cara ternak entok antara lain :

Pemilihan kandang Entok

Cara ternak entok pertama adalah pemilihan kandang entok, disini anda dapat membuat kandang sendiri ataupun membeli yang sudah jadi apabila tidak ingin repot. Namun bagi anda yang memiliki modal lebih sebaik membeli kandang dengan kualitas terbaik, karena kondisi kandang yang baik akan berpengaruh pada kesehatan entok itu sendiri.

Begitu kandang sudah anda dapat, tahap selanjutnya adalah pemilihan lokasi ternak. Kami sangat menyarankan pada anda dalam pemilihan lokasi ternak sebaik tidak terlalu jauh dengan rumah sehingga dapat lebih mudah melakukan kontrol setiap harinya. Intinya pilih lokasi yang berada disekitar rumah atau lahan kosong yang sesuai dengan volume ternak entok anda.

Artikel Terkait Panduan Cara Ternak Ikan Nila Lengkap Step by Step Bagi Pemula!

Perencanaan budidaya entok

Cara ternak entok selanjutnya adalah membuat perencanaan budidaya, hal ini tidak kalah penting dari tahap pertama. Terdapat beberapa perencanaan yang dapat anda lakukan antara lain :

 

Menentukan tujuan budidaya entok

kenapa anda perlu menentukan tujian budidaya entok? Hal ini akan sangat berguna diawal proses budidaya. Kami ambil contoh saja jika budidaya entok yang anda lakukan memiliki tujuan untuk dikonsumsi secara pribadi ada baiknya melakukan ternak entok dalam skala kecil saja demi menghemat biaya yang dikeluarkan, sedangkan bagi anda yang memiliki tunjuan ternak entok sebagai usaha atau bisnis maka sebagainya melakukan budidaya dalam skala besar tentu dengan biaya yang besar pula.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah pemahaman cara ternak entok yang baik dan benar, disini kami memang sudah menjelaskan tahap-tahap ternak entok, namun tidak ada salahnya anda menambah referensi atau ilmu ternak entok kepada orang-orang yang sudah profesional lagi.

Mempersiapkan Penerangan

Cara ternak entok berikutnya adalah persiapan penerangan, hal ini akan berguna saat proses pembesaran bibit atau penetasan bibit demi menjaga tingkat suhu kandang tetap hangat meskipun dalam kondisi dingin sekalipun.Anda dapat menggunakan lampu kuning sebagai penghangat sehingga dapat meningkatkan hasil penetasan telur entok nantinya, namun jika anda memiliki biaya yang lebih dapat menggunakan alat penetas.

 

Persiapan Pakan dan Perawatan Entok

Tahap selanjutnya dalam cara ternak entok adalah persiapan pakan dan perawatan, pertama kami akan menjelaskan penting pemberian pakan berkualitas. Disini kami akan menjelas cara pemberian pakan yang baik dan benar agar anda mampu menghasilkan entok dengan kualitas terbaik.

Pakan anak entok umur 1 sampai 14 hari

Anakan entok dengan usia segini sangat membutuhkan asupan makanan yang banyak mengadung nutrisi setra protein, sehingga mampu mengalami pertumbuhan dengan cepat dan mampu bertahan dalam kondisi apapun.

Dalam persiapan makanan sebaiknya ada memberikan makanan yang mengandung nutrisi kasar, energi, kalsium, fosfor dan vitamin, makanan yang mengadung semua itu adalah startet atau pelet.

Persiapan pakan anak entok umur 15 sampai 35 hari

Tingkat kebutuhan pakan akan mengalami penurunan setelah entok berumur 15 sampai dengan 35 hari, hal ini disebabkan oleh  kandungan yang dibutuhkan entok berbeda. Jika sebelumnya entok membutuhkan banyak sekali nutrisi, kalsium dan vitamin namun pada umur ini entok lebih membutuhkan energi lebih banyak demi menghasilkan bobot atau berat badan yang ideal dengan cepat.

SawonBudidaya menyarankan pada anda untuk memberikan pakan entok berupa pelet yang sudah dicampur oleh dedak, ampas tahu dan jagung. Jenis pakan satu ini akan membantu anda menghasilkan entok dengan bobot atau berat badan ideal dengan cepat.

Persiapan pakan anak entok umur 36 sampai 40 hari

Pada umur segini anakan entok lebih membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral demi menjaga kesehatan dan meningkat pertumhan tulang lebih baik. Anda dapat memberikan pakan anakan entok berupa campuran ikan runcah, bakatul, menir, eceng gondok, keong, ampas tahu, dedak dan nasi aking.

 

Pemberian Vaksinasi Entok

Hal penting selanjutnya dalam cara ternak entok adalah pemberian vaksinasi, tujuan dilakukan pemberian vaksinasi adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan entok dari serangan penyakit yang beresiko mematikan. Meskipun tingkat kekebalan entok lebih tinggi dibandingkan bebek namun tidak ada salahnya melakukan pemberian vaksinasi demi berjaga-jaga agar tidak terjadi gagal panen nantinya.

Pencegahan penyakit pada entok

Cara ternak entok selanjutnya adalah pencegahan penyakit pada entok agar tidak terserang penyakit, biasanya entok yang mudah sakit karena kandang kotor maka dari itu lakukan pembersihan dengan cara membuang kotoran yang menumpuk pada kandang tersebut.

Selanjutnya ada beberapa faktor datangnya penyakit pada entok yaitu, akibat terjadinya perubahan suhu dan cuaca akan menimbulkan penyakit cara mengatasi nya cukup dengan cara memperbaiki sanitasi kandang, peningkatan kualitas pakan dan pemberian vaksinasi dan antibiotic semisal.

Sekian artikel dari kami mengenai Cara Ternak Entok, mungkin artikel ini masih sangat banyak kekurangan kami mohon bagi pembaca untuk memberi saran dan kritik demi membantu penulis agar mampu menerbitkan tulisan lebih baik lagi. Selain itu penulis juga berharap artikel ini dapat membantu anda dalam memahami cara ternak entok, terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*