Panduan Cara Bercocok Tanam Buah Naga Step by Step

Cara Bercocok Tanam Buah Naga

Cara Bercocok Tanam Buah Naga – Jumpa lagi dengan SawonBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips-tips cara menanam buah naga dengan benar, buah naga adalah buah yang tumbuh nya sangat banyak,.

Banyak sekali orang menanam buah naga sebab penanaman nya yang sangat mudah, dan selain dikomsumsi  banyak masyarakat menjadikan buah naga sebagai bisnis atau peluang menjanjikan, langkah selanjutnya adalah  Cara Bercocok Tanam Buah Naga step by step.

 

Manfaat Buah Naga

Didalam buah naga terdapat kandungan yang kaya akan vitamin bagi tubuh manusia, maka dari itu banyak orang mengkonsumsi buat kesehatan ,ada beberapa kasiat buah naga yang perlu anda ketahui, dan kami akan menjelaskan dibawah ini.

 

  • Buah naga dapat membantu kesehatan dan menambah stamina tubuh, kerena didalam banyak mengandung antioksidan, dan dapat menjaga atau meminamalisir agar tidak terjadi radikal bebas, dan tubuh akan tahan terhadap serangan penyakit.
  • Karena buah naga pempunyai kandungan vitamin B3, selain itu juga bisa mengobati penyakit kolestrol, maka dari itu konsumsi buah naga secara rutin agar penyakit tidak menyerang tubuh, penyakit kolestrol sangatlah berbahaya oleh karna itu kami menyarankan agar menkomsumsi secara rutin.
  • Selain itu buah naga bisa mengobati penyakit batuk dan asma, manfaat buah naga pun dapat menstabilkan tekanan darah, kami sarankan agar mengkonsumsi secara rutin.
  • Manfaat selanjutnya dapat menyembuhkan penyakit kanker, tidak hanya itu tapi juga bisa menyembuhkan penyakit diabetes sebab didalam buah naga tidak mengandung glukosa jadi aman bagi penderita diabetes, banyak sekali manfaat buah naga yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit karena mengandung vitamin B3

 

Sesudah kami menjelaskan manfaat dari buah naga selanjutnya kami akan memberikan taha-tahap cara menanam buah naga dengan benar, perhatikan dan simak dibawah ini.

 

Cara Memilih Bibit Buah Naga

Yang pertama perhatikan cara pemilihan bibit yang berkualitas agar  dalam Bercocok Tanam Buah Naga bisa sukses

Yang pertama pemilihan bibit unggulan bisa anda pilih sendiri sebab bibit buah naga memiliki 2 cara tanam nya yaitu dengan cara vegetative maupun generatif,

Cara Bercocok Tanam Buah Naga 

Yang dimaksud generatif adalah cara proses pengembangan melalui biji, biji yang diambil dari buah naga ,pastikan biji tidak mengalami kecacatan,kami menyarankan buat anda cari biji pilihan, agar proses nya tumbuh dengan baik.

Selanjutnya adalah dengan metode vegetatif, metode ini tentu sangat lah mudah karena cara menanamnya mempunyai sifat yang sama dengan induknya , tentu dengan cara ini sangat praktis dan cepat dalam pengerjaanya, berikut langkah-langkah untuk mendapatkan bibit dari buah naga.

Selanjutnya masih dalam tahap tentang mengenai cara vegetatif yaitu anda bisa lakukan pada batang stek yang sudah berbuah setidaknya 2-3 kali. Hal ini merupakan cara memastikan agar tanaman buah naga dapat berbuah secara maksimal. Bibit tanaman buah naga yang dihasilkan dari proses sebaiknya memiliki diameter batang mencapai 8 cm serta memiliki warna hijau kelabu.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

Panduan Cara Bercocok Tanam Buah Naga

Tanaman Buah Naga dapat dibudidayakan dengan mudah melalui beberapa step by step dibawah ini :

Persiapan Lahan Tanam

Cara Bercocok Tanam Buah Naga 

Sebagai salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarkat Indonesia, usaha budidaya tanaman buah naga akan menjadi ladang bisnis menjanjikan karena kebutuhan pasar dan harga jualnya cukup tinggi. Ditahap cara bercocok tanam buah naga pertama ini adalah persiapan lahan tanam, sebagai pembudidaya awal anda dapat menyiapkan lahan seluas 1 hektar dan boleh lebih.

Tanah buat tanam buah naga ukuram 1 hektar maka anda membutuhkan bibit sebanyak 6400 dan 1600 tiang penyangga.

 

Siapkan tiang penyangga

Sebagai tanamn yang merambat buah naga memerlukan tiang penyangga guna sebagai tempat batang tumbuh dan menyangga buah naga nantinya. Tiang menyanggga sebaiknya terbuat dari bahan besi namun kayu juga bisa, intinya penyangga harus kuat dan kokoh.

Kini kami akan menjelaskan jumlah tiang yang dibutuhkan dalam satu proses budidaya atau 1 hektar, anda akan memerlukan 1600 tiang dalam satu hektar dengan memberikan jarak antar tiang 3 meter serta satu barisan 2.5 meter.

Selain itu tiang dapat dibentuk persegi maupun silinder dengan luas 10 sampai 15 cm, namun jika anda tidak berniat mengeluarkan biaya lebih dapat menggunakan kayu atau bamboo sebagai penompang tanaman buah naga.

Untuk ukuran tiang panjat dapat menggunakan ukuran 1 sampai 2,5 m dan kedalam tanah setiap tiang panjat sedalam 50 cm. kedalam yang tepat dapat memperkokoh tiang panjat sehingga saat tanamanmasih fase berbuah tidak perlu khawatir rubuh.

Persiapan Media Tanam Buah Naga

Pada persiapan media tanam anda perlu menyiapakan pasir guna meningkattkan porositas tanah dengan jumlah 10 kg, selain itu anda juga perlu menyiapkan pupuk kandang kering atau kompos sebanyak 10-20 kg dan jika kadar keasaman tanah kurang dari standar lebih baik campurkan kapur guna menstabilkan PH tanah.

Begitu beberapa bahan diatas selesai dicampurkansecara rata, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah proses penimbunan media tanam kedalam tanah lahan budidaya lalu siram menggunakan air biasa secukupnya dan biarkan lahan terkena sinar matahari beberapa hari.

Setelah lahan dibiarkan selama 3 sampai 4 hari anda dapat menambahkan pupuk TSP sebanyak 25 Gram pada setiap lubang lahan budidaya dengan jarak antar lubang 10 cm , lalu biarkan kembali selama satu hari.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Gaharu Step by Step

Penanaman Buah Naga

Lahan budidaya sudah siap ditanam, maka tahap selanjutnya dalam cara bercocok tanam buah naga adalah proses penanaman. Pada step ini anda hanya perlu memilih bibit dengan kualitas terbaik, tujuannya agar buah yang dihasilkan benar-benar berkualitas sehingga pembeli merasa puasa. Berikut ini beberapa cirri dari bibit buah naga berkualitas yaitu :

  • Berasal dari indukan buah naga yang sehat dan subur
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Memiliki batang hijau terang dan ujung berbentuk lancip atau utuh.

Kenapa kami sangat menyaran anda untuk menggunakan bibit berkualitas ?? karena bibit berkualitas akan menghasilkan buah berkualitas selain tuitu proses pertumbuhan dan pembuahan lebih cepat dibandingkan dengan buah naga dari bibit biasa.

Cara Merawat Tanaman Buah Naga

Tanaman buah naga memerlukan perawatan khusus agar berbuah dan tumbuh dengan baik, karena tanaman ini bisa dikatakan sebagai tanaman yang cukup mudah terserang penyakit dan hama pengganggu lainnya. Berikut ini beberapa cara perawatan tanaman bah naga yang dapat anda lakukan yaitu :

Penyiraman

Sebaiknya tanaman buah diberikan penyiraman air pada waktu pagi dan sore pada waktu musim kemarau, namun jika proses budidaya dilakukan pada musim penghujan sebaiknya volume penyiraman dikurangi agar tanaman tidak mudah busuk.

Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk guna memberikan semua kebutuhan dari tanaman buah naga baik dari unsure hara guna menunjang proses pertumbuhan semakin maksimal. pada proses pemupukan tidak dapat dilakukan secara sembarangan,

sebagai contoh pemberian pupuk yang megandung nitrogen sebaiknya dilakukan pada masa tanaman belum masuk masa berbuah sedangkan pemberian pupuk yang mengandung Fosfor atau Kalium sebaiknya diberikan pada tanaman yang sudah memberikan tanda-tanda akan berbuah.

Pemangkasan Cabang

Kegiatan ini dilakukan agar kesehatan tanaman lebih terjaga, anda dapat melakukan pemangkasan cabang pada saat tanaman sebelum dan sesudah masuk masa berbuah. Tips dari kami sebaiknya pemangkasan dilakukan pada cabang yang masih berbentuk tunas.

Artikel terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Timun Step by Step

Proses Panen Buah Naga

Tanam buah naga dapat dipanen setelah umur 10 sampai 12 bulan semenjak bibit dipindahkan ketempat budidaya. Keunggulan budidaya buah terletak pada lama produktifitas buah naga yang mencapai hingga 20 tahun kurang sehingga anda tidak perlu sering-sering melakukan penanaman.

Setiap tanaman buah akan menghasilkan buah sebanyak 1 kg, jadi jika budidaya yang anda lakukan sebanyak 1 hektar tentu akan menghasilkan buah naga sebanyak 6 sampai 7 ton, semua itu tergantung pada proses penanaman dan perawatan yang anda lakukan benar atau tidaknya.

 

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Bercocok Tanam Buah Naga, semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda dalam memulai budidaya dan semoga artikel ini akan bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*