Panduan Cara Bercocok Tanam Timun Step by Step

Cara Bercocok Tanam Timun

Cara Bercocok Tanam Timun – jumpa lagi dengan sawonBudidaya, pada pertemuan kali ini kami akan bemberikan tips-tips cara bercocok tanam timun. Tanaman timun merupakan salah satu buah yang sering di komsumsi oleh manusia.

 

Selain dikomsumsi buah timun menjadikan bisnis diperjualkan atau dipasarkan ditempat perdagangan , banyak masyarakat menanam buah timun sebab cara tanam buah timun sangatlah mudah cara tanamnya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara bercocok tanam timun yang benar  dibawah ini.

 

Manfaat timun

Manfaat dari buah mentimun banyak mengandung kasiat kasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia  yaitu

 

  • Bagian kulit mentimun mengandung beberapa serat makanan yang tinggi sebab serat yang ada akan dapat membantu melancarkan gangguan seperti sembelit

 

  • Kulit mentimun juga bisa membantu melancarkan pencernaan atau mencegah terjadinya penyakit lambung supaya tidak terjadinya detoksifikasi usus

 

  • Buah mentimun adalah buah yang mengandung kalori yang sangat rendah, kalori yang dihasilkan mencapai 15 gram per 100 gram. Maka buah timun sangatlah sehat dikomsumsi setiap hari sebab tidak mengandung lemak atau kolestrol jenuh dan bisa mengatasi terjadinya sembelit kronis

 

  • buah mentimun pun dapat mencegah penyakit yaitu ginjal sebab didalam kandungan air mentimun bisa melarutkan penyakit batu ginjal dengan cara prosesnya buang air kecil, komsumsi lah mentimun secara teratur

 

 

  • bahkan mentimun juga bisa mengatasi penyakit yaitu mulas dan asam lambung dan mentimun bisa disajikan secara dengan membuat jus mentimun.

 

 

 

Cara Bercocok Tanam Timun

 

Sesudah kami menjelaskan manfaat buah mentimun, selanjutnya kembali ke topik utama yaitu, Cara Bercocok Tanam Timun

 

Media Tanam

 

Cara Bercocok Tanam Timun membutuhkan tanah yang akan kaya unsur hara nya, agar proses penanaman bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan kesegaran dalam buah mentimu, setelah kami menjelaskan tekstur tanah selanjutnya pemilihan bibit unggulan step by step.

 

Pemilihan Bibit Unggulan

 

Sebelum pemilihan bibit unggulan kami akan memberikan ciri ciri bibit yang bagus , bibit unggulan biasa nya bisa kita temui ditoko pertanian sekitar rumah anda, lansung saja sawonBudidaya akan meberikan ciri-ciri bibit unggulan

Cara Bercocok Tanam Timun

  • pastikan bibit unggulan tidak cacat dan bibit bersih
  • dan pastikan bibit memiliki ukuran yang seragam sebab

agar proses tumbuhnya bersamaan

  • pastikan cari bibit yang sudah berusia, agar tumbuhnya bisa

maksimal

kenapa kami mengharuskan anda memilih bibit unggulan agar  Cara Bercocok Tanam Timun nantinya bisa tumbuh bersamaan maka dari itu bibit harus benar-benar bersih dan bentuknya seragam agar tumbuhnya bisa menghasilkan apa yang kita harapkan atau tumbuh dengan maksimal, sesudah kami menjelaskan pemilihan bibit unggulan selanjutnya penyemaian bibit dibawah ini

 

Proses Penyemaian Bibit Timun

Timun merupakan tanaman yang dapat di kembang biak kan dengan menggunakan biji, oleh karena itu kami disini sangat menyarankan untuk melakukan tahap penyemaian. Tujuan dilakukan penyemaian agar bibit timun dapat tumbuh dengan maksimal, selain itu penyemaian juga dapat mengoptimalkan petani dalam merawat bibit timun yang akan ditanam. Dibawah ini merupakan tahap-tahap penyamaian yang dapat anda lakukan yaitu :

Cara penyemaian bibit timun

  • Tahap pertama yang dapat anda lakukan adalah mengambil bibit yang sudah anda siapkan baik, bibit yang dibuat sendiri ataupun bibit yang dibeli pada toko pertanian.
  • Berikutnya adalah merendam bibit dengan air biasa sekitar 15 menit, pada tahap ini anda juga bisa memisahkan bibit yang tenggelam dan bibit mengapung.
  • Diatas merupakan perendaman tahap pertama, anda harus melakukan perendaman kedua selama sehari semalam tujuannya agar bibit dapat bertunas lebih cepat.
  • Tiriskan bibit timun yang sudah direndam semalam menggunakan handuk basah, tujuannya dilakukan tahap ini untuk memisahkan bibit yang sudah tumbuh tunas dan belum.
  • Untuk tahap selanjutnya anda hanya perlu melakukan proses penyemaian, dalam proses penyemaian anda dapat menggunakan polybag sebagai tempat penanaman dan anda juga perlu menyiapkan media tanam berupa campuran dari tanah humus serta pupuk kandang kering dengan perbandingan 1:3.
  • Begitu tempat penyemaian dan media tanam selesai, anda bisa langsung menaburkan bibit timun yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Calon tanaman timun dapat tumbuh setelah berumur 10 hari.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

3. Pengolahan Lahan Tanam

 

Pada tahap berikutnya dalam cara bercocok tanam timun adalah pengolahan lahan, didalam tahap ini anda dapat menggunakan 2 metode yaitu pekarangan kosong dan polybag atau pot. Kedua metode diatas sangat kami sarankan karena buah timun yang dapat anda peroleh dapat lebih maksimal sebab perawatan tanaman timun bisa dilakukan secara maksimal.

Berikut ini tahap-tahap yang dapat anda lakukan dalam proses mengolahan lahan,   silahkan simak step by step dibawah ini:

Cara Bercocok Tanam Timun

Cara pengolahan lahan dipekarangan kosong :

1.    Pertama hal yang bisa anda lakukan adalah pembersihan lahan.

2.    Cangkul tanah yang sudah anda bersihkan sebelum sedalam 40 cm atau dengan kata lain digemburkan.

3.    Buat bedengan dengan lebar 140 cm dan tinggi 50, jangan lupa untuk membuat drainasenya agar pengaliran air sehingga air tidak menggenangkan lahan serta merusak tanaman.

4.    Untuk tahap terakhir berikan kapur agar tanah memiliki kadar keasaman stabil dan tutup menggunakan mulsa plastik.

 

Cara pengolahan lahan menggunakan polybag

 

  1. Siapkan polybag dengan ukuran 2-3 kg dan pupuk kandang kering sebagai campuran dari pembuatan media tanam timun.
  2. Selain itu anda juga bisa menyiapkan beberapa alat seperti cangkul mini, tanah hitam bekas bakaran.
  3. Campur media tanam yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan perbandingan 3:1:1.
  4. Letakkan polybag atau pot ditempat yang terkena sinar matahari.

 

 

Proses Penanaman Timun

Cara bercocok tanam timun adalah pemindahan bibit dari tempat penyemaian ketempat perkembangbiakan. Pada tahap ini anda hanya perlu melakukan pemindahan secara hati-hati agar kualitas dari tanaman timun tidak rusak.

Setelah semua selesai pindahkan tanam timun yang sudah memilik 2-3 helai daun dari tempat penyemaian kelahan tanam pekarangan atau polybag. Hal yang perlu anda ingat adalah waktu penanaman, karena waktu penanaman yang baik pada musim penghujan agar kebutuhan  air tercukupi namun jika terpaksa menanam pada musim kemarau kegiatan penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Gaharu Step by Step

 

5.    Proses Perawatan Tanaman Timun

 

Timun merupakan tanaman yang rawan dari serangan hama serta penyakit sehingga perlu dilakukan beberapa perawatan agar kualitas dari buah timun tetap terjaga. Disini kami akan sedikit beberapa tips perawatan timun yaitu :

Cara perawatan tanaman timun

  1. Penyiraman

Timun membutuhkan volume air yang tinggi pada saat proses pembuahan oleh karena air sangat dibutuhkan oleh timun agar buah timun benar-benar berkualitas terbaik. Anda dapat melakukan penyiraman pada 3 tahap yaitu pagi, siang dan sore hari.

  1. Pemupukan

Selanjutnya adalah pemupukan, timun sangat membutuhkan unsur hara dapat pupuk agar tumbuh serta berbuah maksimal. Oleh karena itu pemupukan sangat kami saran pada anda jika menginginkan buah timun terbaik.Pupuk yang dapat anda pilih adalah pupuk urea, TSP, KCL, SP-36 dan sebagainya.

  1. Pendaringan dan penyiangan

Pendaringan merupakan pengemburan tanah pada area sekitar bedengan, namun bagi anda yang menggunakan polybag dapat melakukan pembersihan tanah dari rumput serta hama pengganggu.

Penyiangan adalah pembersihan lahan dari hama pengganggu sehingga unsur hara yang dibutuhkan timun tidak kurang.

 

6.    Proses Panen

Cara bercocok tanam timun terakhir adalah panen, ditahap ini kami sangat menganjurkan panen dilakukan pada waktu pagi atau sore hari saja. Jika panen dilakukan pada siang hari buah timun lebih mudah busuk atau layu. Timun dapat dipanen setelah berumur 35 atau lebih kurang 1 bulan,

panen timun dapat dilakukan sebanyak 33 kali jika buah memadai dilakukan secara berskala sedang. Cara panen timun cukup mudah anda hanya perlu memetik buah dari tangkai secara manual namun tetep dilakukan seacara hati-hati agar buah tidak rusak dan tanam dapat membesarkan buah timun berikutnya.

 

Sekian artikel kami tentang cara bercocok tanam timun, semoga sedikit informasi kami ini dapat bermanfaat bagi anda yan ingin memulai bisnis pertanian timun atau sebagai bahan makanan sehari-hari. Terima kasih !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*