Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Polybag dan Bedengan!

Cara Menanam Lidah Buaya – Secara umum, lidah buaya merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dengan kondisi lingkungan kering. Kini tanaman lidah buaya sudah tersebar secara merata hampir diseluruh dunia, terutama Indonesia.

Di negara Indonesia sendiri, lidah buaya sering digunakan sebagai bahan kecantikan seperti mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas.

Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Polybag atau Bedengan. Silahkan simak penjelasan dibawah ini !

Manfaat Lidah Buaya

Disini kami akan menjelaskan beberapa manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan serta kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda perhatikan, yaitu :

Lidah buaya untuk kesehatan

  • Lidah buaya mampu menjaga tingkat keasaman didalam tubuh atau Alkalisasi.
  • Lidah buaya mengandung antioksidan sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan didalam tubuh dan mampu menangkal radikal bebas.
  • Lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan hati, karena kandungan didalam lidah buaya mampu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh kita.

Lidah buaya untuk kecantikan

  • Lidah buaya mampu menjaga kesehatan dan kelembaban pada rambut.
  • Selain itu, lidah buaya juga bisa menghilangkan penyakit gatal gatal pada kulit kita.
  • Lidah buaya juga bisa memperpanjang rambut dan merawat kulit kepala.

Syarat Tumbuh Lidah Buaya

Setelah kami menjelaskan manfaat lidah buaya, kami akan menjelaskan syarat tumbuh tanaman lidah buaya dengan tujuan meningkatkan keberhasilan budidaya lidah buaya yang akan anda lakukan nanti.

Ketinggian Lokasi Budidaya

Tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan baik didataran tinggi maupun dataran rendah, dengan iklim tropis dan subtropis.

Loading...

Jenis Tanah                

Jenis tanah yang cocok untuk budidaya lidah buaya adalah tanah humus atau tanah subur, intinya tanah yang mengandung unsur hara tinggi dan ketersediaan mencukupi.

Lalu kadar keasaman tanah atau pH, disini kami menyarankan pada anda semua untuk melakukan pengapuran terlebih dulu sebelum melakukan penanam lidah buaya.Kapur berguna untuk menstabilkan kadar keasaman atau pH yang ada didalam tanah.

Cara Menanam Lidah Buaya

Berikut ini akan kami jelaskan tahap tahap Cara Menanam Lidah Buaya, dari pemilihan bibit atau benih, persiapan tempat budidaya sampai panen. Silahkan Simak Guys!

Pemilihan Bibit atau Benih Lidah Buaya Berkualitas

Untuk memulai budidaya lidah buaya, tahap pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit atau benih berkualitas. Hal ini dilakukan agar budidaya yang akan dilakukan dapat berjalan sesuai harapan, karena apa ? dengan mengggunakan bibit atau benih berkualitas dapat menunjang keberhasilan budidaya lidah buaya anda nantinya.

Mengenai pemilihan bibit atau benih berkualitas, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih bibit atau benih lidah buaya berkualitas. Pertama, pastikan bibit atau benih memiliki panjang mencapai 50 senti meter, karena dengan pertumbuhan secepat itu menandakan bahwa bibit lidah buaya yang anda gunakan memiliki kualitas baik di segi pertumbuhannya.

Lalu, anda juga perlu memastikan berat setiap batang lidah buaya. Idealnya lidah buaya yang memiliki pnjang 50 sampai 80 senti meter wajib memiliki bobot mencapai 8 ons. Karena, jika panjang dan bobot tidak balance menandakan kandungan mineral didalam lidah kurang.

Loading...

Selanjutnya adalah warna kulit lidah buaya, untuk lidah buaya yang berkualitas baik pasti memiliki warna kulit hijau tua dan beraroma tidak menyengat. Karena, jika lidah buaya memiliki warna kulit hijau kekuningan menandakan bahwa bibit atau benih yang anda pilih tidak dalam kondisi sehat atau terinfeksi penyakit.

Tahap Persiapan Tempat Budidaya Lidah Buaya

Tahap selanjutnya dalam cara menanam lidah buaya adalah Persiapan Tempat yang akan digunakan untuk Budidaya Lidah Buaya, nah disini kami akan menjelaskan dua opsi untuk anda yang pertama penggunaan Polybag dan yang kedua adalah bedengan atau lahan terbuka.

Penggunaan Polybag Sebagai Tempat Budidaya Lidah Buaya

Untuk pemilihan diameter polybag, kami memberikan kebebasan pada anda, karena polybag kecil ataupun besar sama sama baik untuk digunakan sebagai tempat budidaya lidah buaya. Intinya anda harus memiliki tujuan dari budidaya lidah buaya ini, contohnya jika anda berniat melakukan budidaya lidah buaya hanya sebagai tanaman hias dipekarang rumah dan pekarang anda cukup sempit maka penggunaan polybag dengan diameter besar tidak efesien.

Kenapa ? karena penggunaan polybag berdiameter besar akan memakan tempat lebih banyak dibandingkan penggunaan polybag berdiameter kecil.Lain halnya bagi anda yang memiliki pekarangan rumah cukup luas, maka cocok jika menggunakan polybag berdiameter besar. Nah bagaimana, sudah jelas bukan? Intinya anda harus memastikan luas pekarangan rumah masing masing apakah cocoknya menggunakan polybag berdiameter besar atau kecil.

Pengunaan Lahan Kosong atau Bedengan Sebagai Tempat Budidaya Lidah Buaya

Nah, selanjutnya kami akan membahas mengenai pembuatan bedengan dari lahan kosong sebagai tempat budidaya lidah buaya. Begini, kita ambil contoh dipekarangan kosong rumah anda, jika tidak memiliki pekarangan atau lahan kosong lebar anda tidak perlu khawatir karena untuk membudidayakan lidah buaya berskala kecil tidak memerlukan lahan kosong yang luas. Beda halnya bagi anda yang ingin melakukan budidaya lidah buaya dalam skala besar, disini kami akan membahas penggunaan lahan kecil dengan luas 2 meter saja tapi secara umum tahap tahapnya tetap sama, hanya luas lahan saja yang membedakannya.

Hal pertama yang perlu anda lakukan anda persiapan lahan dengan luas 2 meter, dengan cara pembersihan lahan dari berbagai macam hama penggangu yang beresiko merusak tanaman lidah buaya anda. Setelah semua hama bersih, lakukan pembuatan kotak persegi atau bedengan dengan membuat parit kekeliling, dengan lebar 60 sampai 75 senti meter dan kedalam 100 senti meter. Pembuatan parit keliling bukan hanya berguna sebagai penanda bedengan, namun lebih tepatnya sebagai drainase lahan dengan tujuan mencegah genangan air di area bedengan.

Setelah itu, anda perlu melakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul atau alat sejenisnya. Penggemburan dilakukan dengan tujuan mempermudah proses pencampuran pupuk guna memberikan unsur hara maksimal pada lidah buaya dan mempermudah pertumbuhan akar pada bibit atau benih lidah buaya. Untuk ukuran bedengannya, adan bisa menyesuaikan dengan keadaan lahan atau pekarangan rumah masing masing, kita ambil contoh bedengan yang akan dibuat memiliki lebar 130 senti meter dengan ketinggian 25 senti meter dan untuk panjangnya tergantung lahan anda masing masing.

Lalu, pastikan kadar keasaman tanah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. untuk mempermudah pengecekan kadar keasaman tanah atau pH anda dapat menggunakan kapur sebagai solusinya, dengan cara penaburkan kabur dipermukaan bedengan secara merata dan diamkn beberapa hari. Kapur sendiri berfungsi untuk menstabilkan kadar keasaman atau pH pada tanah.

Berikutnya adalah pembuatan lubang yang akan digunakan sebagai tempat penaaman lidah buaya, untuk ukuran lubangnya sendiri anda bisa menggunakan cangkul sebagai patokannya. Caranya, cangkul area permukaan bedengan kira kira 20 senti meter dan beri jarak antar lubang dengan ukuran 0,8 sampai 1 meter. Untuk membuat bedengan selanjutnya, anda harus memberi jarak antar bedengan dengan panjang 1 sampai 1,5 meter per bedengan.

Persiapan Media Tanam Lidah Buaya

Untuk tahap selanjutnya dalam cara menanam lidah buaya adalah persiapan media tanam yang akan digunakan untuk budidaya lidah buaya. Sebenarnya, ditahap ini lebih kami khususkan untuk mereka yang menggunakan polybag sebagai tempat budidaya lidah buaya. Bahan yang perlu disiapkan untuk media tanam lidah buaya antara lain tanah humus atau tanah subur, tanah kering, pasir dan pupuk kandang kering.

Begitu semua bahan diatas siap, campurkan pasir dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 1:1 secara merata, lalu tambahkan tanah humus dan tanah kering sebanyak 3 kali lipat dari jumlah pasir atau pupuk kandang kering. Setelah itu masukan media tanam kedalam polybag yang sudah disiapkan sebelumnya, pastikan pemasukan media tanam tidak terisi penuh beri sedikit ruang kosong di area permukaan polybag.

Proses Penanaman

tahap selanjutnya dari cara menanam lidah buaya adalah tahap penanaman, baik penanaman di polybag ataupun bedengan. Secara umum, proses penanam lidah buaya hampir sama, meskipun tempat yang digunakan berbeda. Nah dibawah ini akan kami jelaskan Step by Step penanam lidah buaya, silahkan simak berikut ini !

  • Ambil bibit atau benih lidah buaya yang sudah anda siapkan ditahap sebelumnya,
  • Lalu, pastikan bibit tersebut dalam kondisi fisik yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit.
  • Setelah itu, masukan bibit atau benih kedalam lubang yang sudah disiapkan bagi itu pada polybag ataupun bedengan.
  • Timbun kembali lubang penanaman lidah buaya tersebut, menggunakan tanah atau media tanam yang ada disekitar lubang.
  • pastikan kembali, lidah buaya tertanam secara pas baik dari segi kedalaman posisi tanaman lidah buaya itu sendiri.
  • Terakhir, siram menggunakan air bersih secukupnya.

Penyiraman Tambahan

Untuk cara menanam lidah buaya selanjutnya adalah penyiraman, hal ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman lidah buaya memperoleh asupan air secara optimal. Dalam proses penyiraman, pastikan bahwa air tidak terlalu banyak, karena jika penyiraman terlalu banyak dapat mengakibatkan lahan atau polybag tergenang air.

Jika lahan atau polybag tergenang air, dapat beresiko buruk pada tanaman lidah buaya itu sendiri. Seperti akar lidah buaya akan mengalami pembusukan dan tanaman lidah buaya akan lebih mudah terserang virus dan penyakit.

Cara Merawat Lidah Buaya

Salah satu tahap terpenting dari cara menanam lidah buaya adalah perawatan atau pemeliharaan tanaman lidah buaya, hal ini bertujuan agar anda mampu mengontrol pertumbuhan lidah buaya baik dari segi asupan air, unsur hara dan membrantas hama pengganggu.

Sehingga proses perawatan ini sangat penting dilakukan, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja perawatan yang bisa anda lakukan.

  • Pemupukan

Pemeberian pupuk dilakukan agar tanaman lidah buaya memperoleh asupan nutrisi secara maksimal berupa unsur hara, untuk jenis pupuk yang bisa anda gunakan beragam. Anda bisa menggunakan pupuk kandang kering atau pupuk NPK dengan dosis 2 gram per tanamannya.

  • Pencahayaan Tanaman

Tanaman lidah buaya membutuhkan asupan cahaya matahari, guna membantu proses fotosintesis pada lidah buaya itu sendiri. kita ketahui dalam proses fotosintesis memerlukan beberapa bahan diantaranya air, unsur hara dan intensitas sinar matahari.

Maka dari pemilihan waktu yang tepat untuk penanam lidah buaya sangat penting, kami menyarankan pada anda untuk melakukan budidaya lidah buaya pada musim kemarau pertengahan karena penyinaran matahari yang berlebih dapat menghambat pertumbuhan tanaman lidah buaya itu sendiri.

Proses Panen

Lidah buaya yang sudah anda tanam selama enam sampai tujuh bulan akan siap dipanen, sebaiknya proses panen dilakukan sesuai setelah tanaman lidah buaya masuk umur enam sampai 7 bulan, karena diumur ini tanaman lidah buaya mampu mengeluarkan khasiatnya secara optimal.

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Menanam Lidah Buaya, semoga sedikit informasi ini dapat bermafaat untuk kita semua.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...