20 Manfaat Tanaman Teh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Tanaman Teh –  Kata-kata “teh” sering digunakan untuk minuman lain yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, contohnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan.

Teh merupakan minuman yang di dalamnya terdapat kafein, sebuah infusi yang dihasilkan dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh terbagi jadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Manfaat Tanaman Teh 

Manfaat tanamant teh yang paling fenomenal adalah salah satunya untuk menurunkan berat badan yang paling digemari oleh wanita tentunya. Teh merupakan minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan di Indonesia. Di balik kesederhanaan secangkir teh, ternyata  menyimpan banyak manfaat yang membuat kita semakin mencintai teh. Sebelum mengulas lebih dalam mengenai manfaat minum teh ada baiknya kita mengulas kandungan teh.

 

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh kalau diminum terasa sedikit pahit. Ini adalah kenikmatan tersendiri dari teh. Berikut beberapa manfaat tanaman teh yang bisa anda perhatikan, yaitu :

Jenis-jenis Tanaman Teh

Teh Bunga

Teh bunga merupakan perpaduan kuncup bunga melati. Ia disebut pula dengan teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling terkenal di indonesia. Konsumsi teh di indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun indonesia merupakan negara pembuat teh terbesar nomor lima di dunia.

Teh putih

Teh ini tidak mengalami proses oksidasi. Proses pengeringan dan penguapan juga dilsayakan dengan sangat singkat. Dibandingkan jenis lain, teh ini dipembuatan dalam jumlah yang sedikit sesampai harganya tergolong mahal. Teh ini jarang ditemui diluar cina. Terkenal dengan kualitasnya alasannya merupakan membisubil dari pucuk teh terbaik.

Teh hitam

Teh hitam dibuat dengan mengalami fermentasi yang paling lama jika dibanding teh lainnya. Waktunya yaitu antara 2 minggu sampai 1 bulan. Inilah yang membuat warnanya sangat pekat dan aromanya begitu tangguh. Teh ini paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, terutama inggris.

 Teh hijau

Teh hijau tidak mengalami peroses oksidasi, namun melewati pengeringan dan penguapan yang lebih lama dibanding teh putih. Biasanya, mulai diolah setelah dipanen satu atau dua hari selanjutnya.

 Teh kuning

Proses pengolahannya tidak jauh berbeda dengan teh hijau dan nilai sebagai teh yang bermutu tinggi.

Teh oolong

Teh ini tidak menjalani proses oksidasi sampai tuntas alasannya merupakan segera dihentikan dipertengahan jalan.

Kandungan zat dalam daun teh:

Didalam tanaman terdapat begitu banyak manfaat atau khasiat yang bisa diperoleh tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan diantarnya :

Manfaat Tanaman Teh

  • Vitamin K
  • Mineral
  • Polifenol
  • Essential oil
  • Kafein
  • Gluorinspirasi
  • Glutamic acid

 

 

Manfaat Tanaman Teh Untuk Kesehatan

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat tanaman teh yang bisa dapat adalah prroses pencernaan lancar, karena teh mengandung esstensial yang baik untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.

  1. Membantu Diet

 

Manfaat tanaman teh berikutnya adalah mambantu menurunkan berat badan atau diet, sebuah studi pada tahun 2011 di Journal Obesity menemukan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat pada teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak di berikan senyawa tersebut.

 

Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau benar-benar dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan. Namun penting untuk anda ketahui bahwa teh hijau instan harus di hindari, karena banyak mengandung gula, lebih baik merebus sendiri teh hijau buatan anda.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

 

Manfaat tanaman teh selanjutnya adalah mengurangi seriko penyakit jantung dan stroke karena kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung.

 

Minum teh dapat membantu menjaga arteri anda agar bebas dari sumbatan, hal ini juga dapat membuat buang air kecil akan lebih teratur. Sebuah studi dari Belanda menemukan bahwa minum 2-3 cankir teh hitam setiap hari  mengurangi risiko 70 % terkena serangan jantung fatal dari pada orang yang tidak meminum teh.

  1. Melindungi Tulang

 

Sebuah penelitian yang membandingkan antara peminum teh dengan non-peminum, menemukan bahwa orang yang minum teh selama 10 tahun atau lebih memiliki tulang kuat, bahkan setelah disesuaikan untuk usia, berat badan, olahraga, merokok dan faktor risiko lainnya. Para peneliti berpendapat bahwa kandungan phytochemical merupakan zat yang dapat membantu melindungi tulang ini.

  1. Mencegah Kanker

 

Polifenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh memiliki efek melawan kanker. Namun untuk manfat teh yang satu ini masih belum begitu meyakinkan karena masih terdapat beberapa penelitian yang memberikan dampak positif dan dampak negatifnya.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

 

Teh hijau mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan gigi

 

Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah juga pada gusi.

  1. Menghilangkan Kantuk

 

Teh memiliki kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk, bahkan sampai malam hari. Tidak heran jika anda kesulitan tidur karena mengkonsumsi teh dalam jumlah yang tinggi di siang hari.

  1. Mencegah Diabetes

 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 meninjau berbagai teh berkafein menemukan bahwa kafein dalam teh dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes.

  1. Meningkatkan Mood (moodd booster)

 

Anda stress ? atau sedang tidak mood ? Secangkir teh hitam adalah senjata ampuh yang anda butuhkan. Suatu penelitian menyimpulkan bahwa teh hitam benar-benar membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada partisipan studi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa enam bulan konsumsi teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik.

  1. Melawan radikal bebas

 

Teh memiliki kandungan ORAC (oxygen radical absorbance capacity) yang cukup tinggi, hal ini adalah salah satu cara untuk menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh manusia. Kerusakan yang ditimbulkan dari radikal bebas ini dapat dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung dan degenerasi saraf.

Artikel Terkait : Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

Manfaat Tanaman Teh Untuk Kecantikan

 

  1. Rambut menjadi sehat

Manfaat Tanaman Teh

Teh hijau yang diendapkan bisa digunakan untuk membuat rambut bercahaya dan sehat. Endapan selama selaman dapat dibasuhkan pada rambut, tunggulah beberapa menit lalu bilaslah dengan sampo. Pathenol dalam teh hijau membantu mengurangi rambut rusak dan bercabang.

  1. Wajah menjadi terawat

Manfaat Teh sebagai sumber antioksidan  membantu marawat wajah dan mata anda. Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah. Mengompres bagian bawah mata dengan teh, dapat mengurangi kantung. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.

  1. Tubuh menjadi kencang

Antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, sangat diperlukan untuk mencegah pemicu munculnya kerutan. Hindarilah radikal bebas dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Walaupun manfaat teh sangat banyak bagi kesehatan, namun anda harus mewaspadai efek samping yang di timbulkan dari konsumsi teh secara berlebihan.

Efek Samping Teh

Teh, memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi hingga anda harus memperhatikan efek samping yang akan di timbulkan.

  • Teh dapat menyebabkan anda sulit tidur di malam hari. Konsumsi teh secara berlebihan dapat menyebabkan sulit tidur, karena kandungan kafeinnya
  • Dapat mempercepat detak jantung. Kandungan kafein ini juga dapat mempercepat detak jantung, cukup berbahaya jika anda mengalami penyakit jantung kronis.
  • Bagi ibu hamil, konsumsi kafein secara berlebihan juga tidak baik bagi janin.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat tanaman teh yang mungkin dapat mengobati rasa penasaran anda karena terlalu sering menyediakan atau mengkonsumsi teh namun tidak tahu apa khasiat yang dapat diperoleh tubuh setelah menimunnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat terima kasih.

Artikel Terkait : Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

1 Komentar

  1. I see you don’t monetize your blog, don’t waste
    your traffic, you can earn additional cash every month.
    You can use the best adsense alternative for any type of
    website (they approve all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe’s tips monetize
    your website

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*